Update Algoritma, Jualan di Instagram Sepi? Begini Cara Mengatasinya

Bagikan!

Sosmed instagram

Sejak diakuisisi oleh facebook pada 2012 lalu, instagram kini makin menjadi salah satu jejaring sosial yang sangat populer. Dalam lima tahun terakhir ini perkembangan instagram sangat pesat. Pada awal 2018 pengguna aktif instagram sudah diatas 1 miliar diseluruh dunia termasuk Indonesia.

Situs berbagi photo dan vidio ini digemari banyak kalangan, baik kalangan menengah ataupun keatas, tak ketinggalan para politikus pun menggunakan sosmed ini. Maka para pebisnis yang memanfaatkan instagram sebagai alat pemasaran merupakan ladang yang sangat subur untuk tempat berjualan.

Namun bagi para penjual di instagram khususnya yang gratisan, mungkin akhir-akhir ini anda mengalami penurunan omset. Itu disebabkan update algoritma.

Baru-baru ini instagram mengupdate algoritmanya, yang berdampak pada postingan yang tidak sampai ke followers. Dengan algoritma terbaru, setiap kita memposting hanya akan dilihat 10% dari total followers yang aktif. Oleh karena itu bagi para pedagang yang biasanya jualan di instagram tentunya mengalami penurunan yang luar biasa.

Nah bagai mana agar jualan di instagram tetap laris dan tidak kena dampak update algoritma instagram? berikut caranya:

1. Buat postingan populer

Seperti saya katakan diatas, bahwa sekarang ini kalau kita update postingan di instagram hanya menjangkau 10% dari total followers yang aktif. Oleh karena itu anda harus kreatif dalam membuat postingan. Buat postingan banyak like dan komentar, jika banyak yang menanggapi postingan anda atau banyak yang interaksi dengan tulisan anda maka postingan anda akan menjangkau folowers diatas 90% dalam hitungan jam. Jangan bikin postingan yang cuma berisi photo, buatlah caption yang menarik dan unik.

2. Buat postingan terjadwal

Setiap postingan perlu di optimalkan, apalagi untuk jualan. Daripada anda membuat 10 postingan dalam satu jam, maka lebih baik anda hanya memposting 3 postingan dalam sehari namun secara terjadwal. Cari waktu dimana banyak orang yang sedang online. Misalnya jam-jam yang tidak sibuk, karena biasanya waktu tersebut banyak orang megang gadget untuk online. Contoh waktu pagi, siang, sore dan malam.

3. Optimalisasi keyword dengan hashtag

Salah satu keunggulan instagram orang bisa melakukan pencarian menggunakan hashtag atau tagar, maka kita bisa memaksimalkan postingan lewat hashtag. Anda dapat mendatangkan pengunjung instagram ke akun anda sebanyak-banyaknya dengan hashtag. Buat postingan anda dengan hashtag yang menarik dan yang sedang trend. Asalkan masih relevan dengan postingan atau produk yang sedang anda jual. Sebelum menentukan hashtag kita bisa melakukan riset dulu, anda bisa menggunakan situs websta.me untuk riset hastag yang sedang menjadi trending atau yang banyak dicari orang.

4. Sering buat stories

Sekarang orang lebih sering melihat stories daripada news feed, maka seringlah buat stories untuk memaksimalkan jualan anda di instagram. Selain itu juga akan meningkatkan kepercayaan calon konsumen karena sering memantau stories kita.

Jika masih kurang maksimal untuk meningkatkan pendapatan jualan anda, jalan terakhir anda harus menggunakan iklan yang berbayar. Tujuan instagram membuat update algoritma karena ingin meningkatkan pendapatanya. Setelah skian lama berpuasa saatnya kini instagram ingin meraup untung sebesar-besarnya.

Tinggalkan Balasan